Dubes RI Ajak Umat Muslim Indonesia di Thailand Meningkatkan Kebajikan

By Admin

nusakini.com--Sekitar 150 orang masyarakat Muslim Indonesia yang berdomisili di Bangkok melaksanakan ibadah Tarawih di Masjid Assyafier yang berada di lingkungan KBRI Bangkok, Senin (6/6) malam. Berbeda dengan di Indonesia, pelaksanaan ibadah tarawih di Thailand tahun ini baru dimulai 6 Juni 2016, karena ibadah Puasa di Thailand memang baru dimulai  7 Juni 2016. 

Setelah pelaksanaan salat tarawih, masyarakat Muslim Indonesia mendengarkan ceramah singkat mengenai makna Ibadah Puasa dan bulan Ramadan yang disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi. 

Dalam ceramahnya, Duta Besar Ahmad Rusdi menyampaikan mengenai makna dan hikmah berpuasa sebagai masa mensucikan diri dari berbagai macam perasaan dan pikiran yang tidak baik, serta perbuatan dosa. Untuk itu, Dubes Ahmad Rusdi juga mengimbau masyarakat Muslim Indonesia di Thailand untuk senantiasa meningkatkan kebajikan pada bulan Ramadan yang suci. 

“Bagi warga Masyarakat Muslim Indonesia yang tinggal di negeri rantau ini, marilah pada Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, hendaknya mau dan mampu meningkatkan kekhusyuan beribadah dan terus berbuat kebajikan dalam berperilaku, beragama, berbangsa dan bernegara,” kata Dubes Rusdi. 

Disampaikan pula mengenai keistimewaan bulan Ramadan bagi umat Islam karena pada bulan tersebut diturunkan Kitab Suci Al’ Qur’an yang menjadi pedoman dan tuntunan hidup umat Islam. Seluruh hari dalam dalam bulan Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri yaitu 10 hari pertama adalah malam penuh rahmat (penuh karunia dan akhirat), 10 hari kedua adalah malam penuh magfirah (penuh ampunan), dan 10 hari ketiga/terkahir adalah malam Itsfunminanar (pembebasan dari api neraka. 


Duta Besar juga mengajak agar masyarakat Muslim Indonesia di Thailand tidak menodai bulan Puasa dengan apa pun, dan mengajak untuk senantiasa memperkuat ukhuwah Islamiyah sambal tetap menjaga persatuan, toleransi,dan kebersamaan dengan umat lainnya. (p/ab)